Senin, 22 Maret 2010

Apa itu Skizofrenia

iseng2 ga ada kerjaan gw ngutak ngatik hp dan gw iseng mencari nomer yang bakalan gw ajakin sms an malam itu, bt abisnya di rumah.

jari2 gw pun dugem kesana kemari, loncat sana loncat sini, akhirnya gw menemukan nomer yang menurut gw udah lama banget ga gw sms. gw memilih nomer sodara gw yang jauh berada di palembang sana, namanya Elda, dai sepupu nyokap gw tapi umur kita cuma beda 1 tahun jadi agak sedikit akrab seh, kalo ga salah dia ngambil jurusan bahasa inggris di salah satu universitas di palembang. karena dia sepupu nyokap gw agak ga pantes seh dia gw panggil ayuk, dia gw panggil bibi.

gw mulai ngetik sms basa basi

gw 0856xxxxxxx: bi elda apa kabar?

ga lama di bales sama dia

bi elda 0812xxxxxxx: kabar bae, iko sapo, angie atau maya?

terus gw ga balas coz gw mau makan dulu, terus masuk sms lagi

bi elda 0812xxxxxxx: ai dah lamo nian balesnyo :) :)

dengan mulut masih menguyah pun akhirnya gw bales sms nya

gw 0856xxxxxxx: ini angie bi, heheheheheh

bi elda 0812xxxxxxx: apa kabar gi? dang apo? gimana kuliah? lancar?

gw 0856xxxxxxx: kabar baik bi, alhamdulillah kabar baik, bi elda sendiri gimana?

bi elda: 0812xxxxxxx: gi ada fb?


gw 0856xxxxxxx: ada koq

bi elda 0812xxxxxxx: kao bae yo yang add bibi, klagi kalu ke warnet bibi mau cari fb nya maya.

gw 0856xxxxxxx: ok deh

sebenernya seh ga ada yang menarik sama sms gw dengan bibi gw itu tapi yah setelah nge add bibi gw di fb barulah gw menyadari sesuatu.......

bibi gw itu tipikal orang yang pendiam tapi ramah, pinter pula, pas masih kecil ajah udah bias ngajarin gw bahasa inggris walaupun cuma 1 kata yaitu"BLUE", dan dia udah bisa baca semenjak umur 3 tahun. karena masalah jarak gw sama bibi gw ituh jarang banget ketemu. baru pas lebaran yang lalu gw sam dia sempet jalan2 jauh mengendarai motor pagi2 buta menuju surinannti, mantep kan gw? gara2 jalan2 sama dia gw jadi ga dimarahin gara2 bawa motor jauh2, heheheheh. karena masalah jarak itulah gw ga tau sifat dia itu seperti apa.

gw pun akhirnya iseng2 liat profile nya dia, dan gw mulai emmbaca satu per satu note nya, dan teman lu tau apa yang gw temukan??? jadi setelah gw baca beberapa notenya dia gw mengetahui kalu dia itu kena penyakit Skizofrenia, nah karena gw ga tau itu penyakit apa akhirnya gw searching di wikipedia dan ini hasil yang gw dapet:

Skizofrenia merupakan penyakit otak yang timbul akibat ketidakseimbangan pada dopamin, yaitu salah satu sel kimia dalam otak. Ia adalah gangguan jiwa psikotik paling lazim dengan ciri hilangnya perasaan afektif atau respons emosional dan menarik diri dari hubungan antarpribadi normal. Sering kali diikuti dengan delusi (keyakinan yang salah) dan halusinasi (persepsi tanpa ada rangsang pancaindra).

Skizofrenia bisa mengenai siapa saja. Data American Psychiatric Association (APA) tahun 1995 menyebutkan 1% populasi penduduk dunia menderita skizofrenia.

75% Penderita skizofrenia mulai mengidapnya pada usia 16-25 tahun. Usia remaja dan dewasa muda memang berisiko tinggi karena tahap kehidupan ini penuh stresor. Kondisi penderita sering terlambat disadari keluarga dan lingkungannya karena dianggap sebagai bagian dari tahap penyesuaian diri.

Pengenalan dan intervensi dini berupa obat dan psikososial sangat penting karena semakin lama ia tidak diobati, kemungkinan kambuh semakin sering dan resistensi terhadap upaya terapi semakin kuat. Seseorang yang mengalami gejala skizofrenia sebaiknya segera dibawa ke psikiater dan psikolog.


Gejala-gejala skizofrenia pada umumnya bisa dibagi menjadi dua kelas:

  1. Gejala-gejala Positif
    Termasuk halusinasi, delusi, gangguan pemikiran (kognitif). Gejala-gejala ini disebut positif karena merupakan manifestasi jelas yang dapat diamati oleh orang lain.
  2. Gejala-gejala Negatif
    Gejala-gejala yang dimaksud disebut negatif karena merupakan kehilangan dari ciri khas atau fungsi normal seseorang. Termasuk kurang atau tidak mampu menampakkan/mengekspresikan emosi pada wajah dan perilaku, kurangnya dorongan untuk beraktivitas, tidak dapat menikmati kegiatan-kegiatan yang disenangi dan kurangnya kemampuan bicara (alogia).
sumpah yah setelah membaca tulisan ini gw langsung mikir, penyakit ini sama ga seh sama penyakit berkepribadian ganda??!!!!! wew.... kalo iyah emang bener, rasanya gw pengn bgt ketemua dia, dan minta dia buiat share penyakitnya itu ke gw, coz dia juga meuliskan di note nya kalo dia itu rutin dateng ke psikiater, hmmm... penasaran gw jadinya.

Note: angie itu panggilan gw buat sodara2 gw, heheheheh

2 komentar:

ado mengatakan...

beda dong multiple personality disorder itu orang sehat. kalo skizofrenia itu ada gangguan di otak.

search komunitas peduli skizofrenia indonesia di google.

annamanda mengatakan...

Terima kasih ado buat info nya, karena gw ingin sekali ngobrol2 dgn orang macam itu.

 

Kidung Template by Ipietoon Cute Blog Design